Wow Dalang Wartoyo Boyolali Pentaskan 5 Buto Gede Saat Pentas Di Semarang

  • Jul 27, 2024
  • Bambang eka purnama
  • Sosial & Budaya

Boyolali -Pementasan wayang kulit oleh Ki Dalang Gondo Wartoyo asal Desa Tegalgiri, Kecamatan Nogosari, Boyolali sempat viral di media sosial (Medsos).

Viralnya vidio dalam pentas wayang kulit tersebut lantaran Ki Dalang Gondo Wartoyo menggunakan tokoh wayang berukuran raksasa di wilayah Susukan, Kabupaten Semarang.

Video yang sudah di tonton ratusan ribu penonton tersebut,juga memperlihatkan penyimping (asisten dalang) yang bernama Dwi tulasno sempat mengamuk saat pentas wayang tersebut berlangsung. Tak hayal wayang berukuran besar tersebut dirobohkan dan mendapat sorakan dari penontonya yang berjumlah ribuan orang.

“Saya tidak menyangka kalau kejadian kemarin itu viral di medsos. Kalau yang mengunggah dimedia sosial itu isteri saya,”katanya kepada wartawan,Sabtu(27/7/2024).

Menurut Wartoyo, saat pentas ada warga yang menanyakan untuk mengeluarkan wayang tokoh buto yang berukuran besar,lalu saya keluarkan.

“Saat itu sudah hamper jam 03.00 WIB ada warga yang menanyakan buto besar kok belum keluar lalu saya saat itu juga kelaurkan semua buto raksasa,” ucapnya.


Ia menjelasklan dalam pentas wayang kulit dengan tokoh buto berukuran raksasa tersebut untuk menarik penonton, bahkan di beberapa tempat selalu mengiginkan adanya buto raksasa.

“Buto raksasa ada lima, saya sejak tahun 1997 sudah membawa buto yang berukuran besar itu. Ya, memang banyak warga atau penanggap itu senang dan itu dapat menarik penonton. Kan jarang dalang lainnya yang menggunakan buto raksasa itu,”ujar Wartoyo.

 

Wartoyo mengatakan, selama menjadi dalang, banyak penanggap yang mengiginkan buto raksasa. Bahkan apabila tidak menampilkan buto berukuran besar, banyak penonton yang menanyakannya.

“Memang ciri khas saya, memainkan buto besar. Kalau habis goro goro buto besar tidak keluar, pasti pada menanyakan. Pak Dalang buto besarnya dong, Pak Dalang buto besarnya mana,”sebutnya.

Dalam video yang di ungguh tersebut juga mendapat banyak komentar yang lucu-lucu dan kocak.