UNISRI Kembali Kukuhkan Guru Besar Prof. DR. Anita Trisiana S.Pd MH

  • Jul 04, 2024
  • Bambang eka purnama
  • Pendidikan

SOLO - Prof. DR. Anita Trisiana S.Pd MH dikukuhkan sebagai guru besar dalam bidang Ilmu Pendidikan Pancasila dan Kewarganrgaraan Universitas Slamet Riyadi Surakarta dalam sidang senat terbuka di kampus UNISRI.

Dengan pengukuhan itu, Prof. DR. Anita Trisiana S.Pd MH menjadi guru besar ke-6 Universitas Slamet Riyadi / Unisri Surakarta dan yang ke-182 yang dicatat LLDIKTI Wilayah 6 Jawa Tengah.

Hadir dalam pengukuhan antara lain yayasan, senat, Rektor dan wakil rektor, dekan dan wakil deka, kaprodi, pejabat struktural, perwakilan dosen dan mahasiswa, LLDIKTI, para rektor dari berbagai perguruan tinggi, para kolega, serta para tamu undangan.

Prof Dr Anita sempat terharu dan meneteskan air mata saat menyampaikan ucapan terima kasih kepada orang tua, saudara, dan orang orang yang dinilai telah berjasa, mendampingi, mengantar, dan membimbing hingga dirinya meraih gelar guru besar.

Dalam pidato pengukuhan yang berjudul “Transformasi Pendidikan Kewarganegaraan”, Prof. DR. Anita Trisiana S.Pd MH menyinggung pentingnya artificial intellegence (AI) atau kecerdasan buatan yang digadang gadang bisa melebihi kemampuan manusia di berbagai sektor.

“Namun di bidang pendidikan ada satu hal yang tidak bisa tergantikan oleh keberadaan AI, yakni terkait dengan pembentukan karakter,” kata Prof Anita. “Pembentukan karakter siswa didik harus diajarkan dan dilatih perlahan hingga menjadi kebiasaan.”

Sementara itu dalam sambutannya, Rektor Prof. Sutoyo menyampaikan selamat kepada Prof. DR. Anita Trisiana S.Pd MH yang telah mencapai guru besar, sebuah jabatan fungsional akademik tertinggi di bidang berharap.

Rektor berharap, apa yang dicapai Prof. DR. Anita Trisiana S.Pd MH sebagai guru besar menginspirasi para dosen Unisri lainnya untuk mencapai guru besar. “Unisri terus mendorong dan memberi kemudahan para dosen untuk mencapai gelar doktor dan profesor,” kata Prof Sutoyo.

Dalam kesempatan itu Prof. Sutoyo mengapresiasi pidato pengukuhan Prof. DR. Anita Trisiana S.Pd MH yang berjudul transformasi Pendidikan Karakter. “Saya berharap, pidato pengukuhan Profesor Anita menjadi solusi metode pembelajaran para mahasiswa yang kini lesu karena dirasa monoton.”

Di akhir pengukuhan, Profesor Doktor Anita Trisiana S.Pd MH melantunkan lagu berjudul “Bintang Kehidupan” ciptaan Deddy Dores. Lagu tersebut pernah menjadi hits di era 1990-an kala dinyanyikan Nike Ardila.

“Kalau ingat lagu itu jadi pingin nangis. Lagu itu seolah mengisahkan pengalaman hidup saya dari kecil, ditinggal orang tua, hingga menjadi guru besar seperti sekarang ini,” terangnya.(*)

https://www.youtube.com/watch?v=ZDpydID1cJE&t=17s