Sambut Tahun Baru Islam Ribuan Santri Di Lereng Merapi Merbabu Ikuti Pawai Ta’aruf

  • Jul 08, 2024
  • Bambang eka purnama
  • Sosial & Budaya

Boyolali - Ribuan santri di lereng Gunung Merapi dan gunung merbabu Merbabu di Cepogo, Kabupaten Boyolali, Jawa Tengah keliling kampung sejauh lima kilometer untuk merayakan tahun baru Islam 1446 Hijriah dengan menggelar Festival Anak Sholeh Indonesia(FASI).

Dalam peringatan tahun Islam tersebut setiap peserta menampilkan berbagai kreasinya, seperti halnya drumband, drum blek dari tong plastik yang tampilkan dari berbagai Taman Pendidikan Al Quran dan juga warga.

Selain itu penampilan para santri dengan membawa berbagai poster bertuliskan peringatan tahun baru Islam.

Festival Anak Sholeh Indonesia tersebut menjadi perhatian warga di lereng Gunung Merapi Merbabu, terkait penampilan para peserta yang unik dan menarik.

Selain pawai ta'aruf juga ada berbagai kegiatan lainnya seperti lomba adzan,qiroah, pidato, seni lukis,tilawah serta lomba puisi.


Pj Kepala Desa Jelok, Cepogo, Muhammad Ishak mengatakan, kegiatan ini bertujuan untuk mendidik anak anak pelajar yang Islami agar menjadi anak sholeh dalam peringatan tahun baru Islam.

“Ini adalah membentuk generasi muda yang yang qurani. Kemudian dalam peringatan tahun baru Islam ini kita mengadakan festival anak sholeh Indonesia,”katanya,Minggu (7/7/2024).

Ishak menjelaskan, festival tersebut mengambil star dari lapangan Desa Jelok, Cepogo menuju balai desa. Para peserta dapat menampilkan kreasinya di depan warga masyarakat dan dewan juri.

“Cukup jauh mereka, sekitar 5 kilometer menuju tempat penjurian. Dan mereka menampilkan kreasinya didepan juri,”ucapnya.

Sementara salah satu peserta Muhammad Zaini dari MADIN (Madrasah Diniyah) “Al-Muayyad”, Paesan, mengatakan sangat senang dengan di gelarnya acara ini dan berharap para santri bangga dengan datangnya tahun baru hijriyah.

“Dari kami menerjunkan sebanyak 160 santri dan mengikuti semua perlombaan,untuk persiapan sudah satu bulan,” katanya.