Ratusan Siswa SD Di Ampel Boyolali Pentaskan Seni Dan Kreasi Dalam Ampel Edu Fair

  • May 31, 2024
  • Bambang eka purnama
  • Sosial & Budaya

Boyolali – Ratusan siswa tingkat TK Paud,PKMB dan SD se kecamatan Ampel, Boyolali menggelar AmpelEdu Fair di halaman balai Desa Tanduk, Jumat (30/05/2024). Acara tersebut mengambil slogan merdeka berkarya berinovasi dan berprestasi demi terwujudnya profil pelajar Pancasila.

Satu persatu perwakilan dari masing masing sekolah dasar di Kecamatan Ampel tersebut menampilkan karya seninya yang disaksikan oleh para guru Ampel berbagi dan bercerita (Gurita) serta masyarakat sekitar.

Ketua Komunitas Belajar Guru Ampel Berbagi dan Bercerita (Gurita) yang juga menjadi penyelenggara acara, Siti Mudrikah, menjelaskan Ampel Edu Fair diisi dengan pentas seni dan stan pameran panen belajar.

Beberapa penampilan siswa seperti reog, fashion show, tari-tarian disuguhkan untuk menghibur pelajar dan guru yang datang. Stan yang ada juga untuk menampilkan hasil belajar dari guru dan siswa selama satu tahun. 

“Kegiatan ini adalah kali pertama di Ampel, rencananya bakal menjadi agenda tahunan,” jelas Mudrikah.

Ia menjelaskan tujuan tersebut untuk memberikan apresiasi positif terhadap hasil belajar peserta didik dan prestasi serta kinerja satuan pendidikan.

Kegiatan tersebut juga untuk membentuk lingkungan yang positif dengan melaksanakan kolaborasi lintas satuan pendidikan. Ampel Edu Fair juga menjadi wahana untuk merdeka berprestasi, berkarya, dan berinovasi.

“Tujuan lainnya juga untuk memaksimalkan kodrat yang dimiliki peserta didik sehingga menjadi manusia yang bahagia. Kegiatan ini juga untuk memberikan inspirasi kepada guru untuk menyelenggarakan pendidikan yang merdeka dan berpihak kepada murid,” kata dia.

Koordinator  Paud Dikdas LS Kecamatan Ampel, Sunarno menjelaskan, kegiatan ini bertujuan untuk memberi ruang memberi wahana kepada satuan pendidikan untuk mengekspresikan kinerja mereka sekaligus sebagai wahana promosi dan sosialisasi program yang mungkin akan dilaksanakan sedang dilaksanakan dan sudah dilaksanakan dalam rangka pelayanan pendidikan khususnya di pendidikan dasar kecamatan Ampel.

“Perlu saya sampaikan kegiatan ini melibatkan seluruh jenjang jadi di pendidikan dasar itu ada jenjang PAUD terdiri dari PAUD formal itu ada TK dan ada kelompok bermain kemudian kelompok SD dan ada juga pendidikan luar sekolah yaitu PKBM pusat kegiatan belajar masyarakat ini bentuk pendidikan luar sekolah, semua kami libatkan dalam rangka kami membangun sinergi dengan masyarakat membangun kesadaran bersama,” jelasnya.

Lebih lanjut Sunarno mengatakan, bahwa pendidikan adalah  tanggung jawab semua tidak hanya tanggung jawab sekolah.

“Maksud dan tujuan kami melaksanakan ini saya berharap kegiatan ini menjadi tonggak awal pembangunan pendidikan khususnya di kecamatan Ampel, ini agar kedepan menjadi lebih baik lagi kami yang di satuan pendidikan mampu menghadirkan layanan pendidikan yang berkualitas demi terciptanya generasi muda generasi calon penerus bangsa yang memiliki pendidikan berkualitas,” ucapnya.

Sementaraitu, Camat Ampel, Hanung Mahendra yang menghadiri acara gurita tersebutmengapresiasi gelaran pentas seni yang ditampilkan oleh para siswa. Haltersebut merupakan bagian dari pengembangan bakat para siswa. 

“Saya sangatmengapresiasi pentas seni ini, dan pentas seni para siswa ini merupakan bagiandari pengembangan bakat para pelajar SD,”kata dia.

Hanungberharap, kegiatan pentas seni dan pameran karya yang dikemas dalam Ampel Edu Fairini tidak sampai disini. Namun juga berkelanjutan di tahun tahun berikutnya.

“Kami mengharapkankegiatan ini tidak hanya sampai disini saja, namun juga berkelanjutan di tahun tahunberikutnya,”tandasnya.

Dalam acara tersebut juga di buka 26 stand, 2 stand yang di ikuti  perwakilan dari PAUD TK serta dari kelompok bermain, 23 dari SD dan 1 stan dari PKBM.