MPLS Ajang Mengembangkan Potensi Diri untuk Menjadi Pelajar Pancasila

  • Jul 25, 2024
  • Bambang eka purnama
  • Pendidikan

SOLO – Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) SD Muhammadiyah 1 Ketelan Surakarta Jawa Tengah merupakan ajang mengembangkan potensi diri untuk menjadi pelajar Pancasila, Rabu (23/7/2024).

Kegiatan MPLS diawali dengan pengenalan guru pengampu mata pelajaran kelas 1, program - program sekolah, lingkungan sekolah, sarana prasarana, tata tertib dan profil pelajar Pancasila serta membuat karya seni dari kertas origami untuk mengembangkan krativitas siswa.

Kepala Sekolah Sri Sayekti mengatakan MPLS sarana untuk mengembangkan Pelajar Pancasila dalam perwujudan pelajar Indonesia sebagai pelajar sepanjang hayat yang memiliki kompetensi global.

“Berperilaku sesuai dengan nilai-nilai Pancasila, dengan enam ciri utama: beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, dan berakhlak mulia, berkebhinekaan global, bergotong royong, mandiri, bernalar kritis, dan kreatif. Aku datang untuk belajar. Cita-cita dalam genggamanku,” katanya.

Dalam rangka memasuki tahun ajaran baru 2024/2025, diperlukan adanya kegiatan pengenalan lingkungan sekolah di sekolah penggerak yang telah berdiri sejak 1935 ini.

MPLS merupakan hal yang penting dilakukan untuk peserta didik yang baru saja memulai belajar dalam suatu satuan pendidikan, mengingat perlunya adaptasi peserta didik baru pada lingkungan, teman, guru dan lainnya, maka sangat dibutuhkan bimbingan dan arahan untuk mengenali lingkungan sekolah tersebut

“Alhamdulillah, kita menerima siswa kelas 1 ABCD sebanyak 112 Siswa. Adapun pelaksanaan MPLS dilaksanakan pada tanggal 24 hingga 26 Juli 2024,” ujar Sayekti.

Hadirnya MPLS mampu membumikan Visi sekolah yaitu mewujudkan Lembaga pendidikan unggul kompetitif dengan sumber daya insani yang bertakwa dan berakhlaq mulia.

Menguasai IPTEK, sehat jasmani dan rohani, berwawasan global, peduli lingkungan hidup melalui terciptanya Profil Pelajar Pancasila yang berkemajuan.

Kepala Sekolah yang juga anggota Pendidikan khusus kepala sekolah (DIKSUSPLA) Pimpinan Pusat Muhammadiyah itu, menekankan pentingnya peran semua pihak dalam merealisasikan visi dan misi melalui MPLS.


“Anak-anak yang telah bergabung di SD Muhammadiyah 1 Solo semoga menjadi generasi penerus bangsa yang harus dilindungi dan dibimbing sebaik mungkin agar dapat berkontribusi pada negara di kemudian hari. Teruntuk anak-anak di seluruh Indonesia, jangan pernah ragu akan potensi diri kalian untuk mampu mengubah dunia menjadi lebih baik. Selamat Hari Anak Nasional tahun 2024! Ikutilah MPLS dengan baik,” ujarnya. #Jatmiko.