Kurikulum Merdeka Diterapkan P5 di MIM Banyudono

  • Jun 14, 2024
  • Bambang eka purnama
  • Pendidikan

BOYOLALI - IKM (Implementasi Kurikulum Merdeka) memberikan ruang bagi sekolah untuk merdeka dalam mengembangkan kurikulum sesuai dengan kebutuhan dan konteks masing-masing, sedangkan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasil) berfokus pada pengembangan karakter dan kompetensi siswa yang sejalan dengan profil pelajar Pancasila, sedangkan PPRA menjadi siswa yang sejalan dengan tujuan Agama Islam yaitu menjadi Rahmatan lil ‘Alami.

Gelar Karya P5PPRA (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila dan Profil Pelajar Rahmatan lil A’lamin) merupakan bentuk implementasi dari Kurikulum Merdeka. MI Muhammadiyah Tanjungsari Banyudono telah melaksanakan Gelar Karya P5PPRA pada hari Kamis, 13 Juni 2024.

Untuk pertama kalinya gelar karya P5PPRA ini dilaksanakan, karena tahun pelajaran 2023/2024 kurikulum merdeka baru diterapkan untuk kelas 1 dan 4 saja. Sehingga Gelar Karya P5PPRA hanya menampilkan siswa siswi kelas 1 dan 4. Untuk tahun pelajaran berikutnya yakni tahun pelajaran 2024/2025 implementasi kurikulum merdeka akan diterapkan untuk kelas 1,2,4, dan 5.

Kepala Madrasah Bapak Abdul Fitri Berlianto, S.Pd., M.Pd memberikan sambutan dengan memberikan penegasan bahwa ini merupakan usaha untuk menumbuhkan mentalitas anak, keberanian anak saat tampil dihadapan umum, juga menumbuhkembangkan kreativitas dan potensi seni dalam diri anak.

Selain itu, Tujuan utama kegiatan ini adalah bagaimana siswa dapat mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dan nilai-nilai pelajar yang rahmatan lil 'alamin. Alhamdulillah, hal ini dapat terlihat dari karya-karya yang mereka hasilkan. Harapannya, implementasi ini dapat mewujud ke dalam karya seni sekaligus juga dapat diterapkan ke dalam kehidupan sehari-hari.