Kampus Mengajar Angkatan 7 di SMP N 4 Tawangsari mengadakan Festival Literasi, Numerasi, dan Sharing Culture

  • Jun 14, 2024
  • Bambang eka purnama
  • Pendidikan

Tawangsari – Hari ini, SMP N 4 Tawangsari mengadakan Festival Literasi, Numerasi, dan Sharing Culture yang menjadi bagian dari program Kampus Mengajar Angkatan 7. Acara ini berlangsung dengan meriah dan penuh antusiasme, diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8. Festival ini menampilkan berbagai kreatifitas yang dimiliki oleh siswa, seperti membaca puisi, berpantun, membuat cerita pendek dan poster.

Pada acara puncak festival literasi dan numerasi juga diadakan sharing budaya dua mahasiswa asing dari Universitas Muhammadiyah Surakarta. Dalam acara ini, Tinashe dan Basheer berbagi pengetahuan dan pengalaman mereka mengenai budaya yang ada di negara asal mereka. Siswa SMP N 4 Tawangsari mendapatkan kesempatan berharga untuk mempelajari budaya, makanan tradisional, bendera, dan bahasa ibu dari Zimbabwe dan Yaman.

“Kegiatan melibatkan mahasiswa asing di Universitas Muhammadiyah Surakarta merupakan program yang rutin dilakukan. Kami terbuka lebar bagi instansi atau institusi yang mau mengundang mahasiswa asing kami. Kami sambut dan kami fasilitas. Semoga apa yang disampaikan oleh mahasiswa kami memberikan manfaat”, terang Alex Kurniadi, Staf Program Internasional Universitas Muhammadiyah Surakarta.

“Hal ini merupakan pengalaman yang bagus untuk saya dan siswa. Mereka sangat aktif, cerdas dan mau mengambil langkah untuk belajar bahasa Inggris. Terima kasih kepada sekolah yang memberi kesempatan kepada kami untuk berbagi tentang tradisi di negara kami serta menunjukkan rasa saling peduli”, kesan Tinashe tentang sharing culture yang diadakan di SMP N 4 Tawangsari.

“Kami merasa senang sekali dengan kegiatan ini, kegiatan festival literasi dan sharing culture. Anaka-anak juga merasa senang, mulai berani mengungkapkan apa yang mereka inginkan. Anak-anak mendapatkan pembelajaran tersendiri. Kami harap program ini dapat berlanjut sehingga dapat memberikan pembelajaran dan pengalaman yang lebih bagi anak-anak”, terang Ibu Asih Purwanti, S. Pd. kepala sekolah SMP N 4 Tawangsari.

Acara ini dilakukan atas kolaborasi antara SMP N 4 Tawangsari, Universitas Muhammadiyah Surakarta dan mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 7 di SMP N 4 Tawangsari. Acara ini menjadi puncak Festival literasi dan numerasi yang diadakan sebelumnya yang diawali dengan kegiatan – kegiatan sebelumnya seperti lomba membaca puisi, berpantun, membuat cerita pendek dan poster.

Adapun mahasiswa peserta Kampus Mengajar 7 di SMP N  Tawangsari yang terlibat yakni Ramadhan Husein A dari Universitas Veteran Bangun Nusantara, Salsa Dwi Agustina dari Universitas Tunas Pembangunan, Imawan Fiktri Feldani dari Universitas Sebelas Maret, Anung Wahyu Asmoro dari Universitas Negeri Yogyakarta dan didampingi oleh Sri Rejeki, M. Pd. selaku Dosen Pembimbing Lapangan dari Universitas Bina Sarana Informatika.