Jelang Hari Jadi Boyolali Ke-177, Bupati Said Pimpin Ziarah ke Makam Ki Ageng Pandanaran

  • May 31, 2024
  • Bambang eka purnama
  • Sosial & Budaya

KLATEN – Bupati Boyolali, M. Said Hidayat menaiki ratusan anak tangga menuju puncak makam Ki Ageng Pandanaran yang bertempat di bukit Jabalkat atau tepatnya di wilayah Desa Paseban, Kecamatan Bayat, Kabupaten Klaten, Kamis (30/05/2024). Kehadirannya bersama rombongan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Boyolali dan jajaran Forkopimda Kabupaten Boyolali dalam rangka ziarah makam Sunan Pandanaran dalam rangkaian peringatan ke-177 Hari Jadi Kabupaten Boyolali.

Kunjungan rombongan di tempat tersebut yang konon menjadi tempat persinggahan terakhir Sunan Pandanaran dalam perjalanan sejarah yang menurut legenda akan ada suatu daerah yang disebut Boyolali.

Setiba di lokasi, rombongan memanjatkan doa yang diawali dengan dzikir dan tahlil di Makam Ki Ageng Pandanaran.

Bupati Said menyampaikan kegiatan tersebut merupakan salah satu bentuk penghormatan kepada Ki Ageng Pandanaran yang dilakukan rutin setiap tahun. Sebuah daerah yang kini memiliki nama Kabupaten Boyolali, tidak lepas dari peran Ki Ageng Pandanaran.

“Tiap tahun kita memperingati Hari Jadi Kabupaten Boyolali. Dan tiap tahun pula kita semua hadir untuk berziarah di Makam Ki Ageng Pandanaran. Semoga ini semua bagian dari bagaimana kita hadir menjadi pemimpin yang sekarang ini terus mampu untuk terus menghormati dan menghargai pemimpin atau tokoh sebelumnya,” ungkap Bupati Said.

Senada, Staf Ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Hukum dan Politik Kabupaten Klaten, Sutopo mengatakan bahwa jalinan kerjasama yang sudah baik antara Kabupaten Boyolali dan Kabupaten Klaten dapat terus dilakukan dengan berpedoman pada keluhuran akhlak Ki Ageng Pandanaran.

“Ziarah di Makam Ki Ageng Pandanaran ini membuktikan bahwa Kabupaten Klaten dengan Kabupaten Boyolali memiliki kedekatan historis dan hal ini tentu akan mempererat silaturahmi antara Kabupaten Klaten dengan Kabupaten Boyolali. Sehingga kerjasama antar daerah senantiasa terjaga serta selalu bersinergi untuk kemajuan bangsa Indonesia,” kata Sutopo.

Rangkaian peringatan Hari Jadi Kabupaten Boyolali Ke-177 akan dilanjutkan dengan agenda Khataman Al Quran dan niti tilas pada Selasa (04/06/2024) di Kali Gede Kabupaten Boyolali dan puncaknya akan digelar Upacara pada Senin (05/06/2024) yang dipusatkan di Alun Alun Kidul Kabupaten Boyolali. Acara dilanjutkan dengan ziarah ke Taman Makam Pahlawan Ratna Negara.

Selain itu, rangkaian peringatan juga dilakukan silaturahmi ke mantan Bupati dan Wakil Bupati Boyolali, ada pula kegiatan kesenian dan hiburan antara lain parade band pelajar, kesenian tradisional, gebyar inovasi pendidikan, gelar UMKM, Komunitas KoesPloes. Digelar pula kegiatan olahraga antara lain kejuaraan bulu tangkis, turnamen tenis lapangan, jalan sehat. Serta, gerakan Safari KB MKJP di kecamatan di Kabupaten Boyolali. (Tim Liputan Pemerintah Kabupaten Boyolali)