Akademisi Poltekkes Bhakti Mulia Sukoharjo Paparkan Penggunaan Media Sosial Untuk Tingkatkan Branding Produk dan Penjualan Untuk Smartfren Community Di Rumah Dinas Bupati Karanganyar

  • Sep 13, 2024
  • Bambang eka purnama
  • Pendidikan

KARANGANYAR - Bisnis UMKM di Indonesia bakal meningkat omsetnya bila menggunakan pola marketing digital dengan menggunakan platform Tiktok. Hal itu dikatakan oleh Bambang Eka Purnama akademisi Poltekkes Bhakti Mulia Sukoharjo yang juga ketua APMMI - Asosiasi Profesi Multimedia Indonesia saat ceramah dihadapan ratusan pelaku UMKM se Solo Raya di Pendapa Rumah Dinas Kabupaten Karanganyar, Selasa, 10 September 2024

Menurut Bambang dunia marketing dan branding istilahnya meng endorse di TikTok yakni praktik promosi produk atau layanan oleh influencer atau kreator konten TikTok menjadi  penting dilakukan pelaku UMKM jaman sekarang.

"Dunia berubah dengan cepat, UMKM kekinian tidak lagi seperti pedagang tradisional yang menunggu pembeli dengan menggelar dagangannya di lapak pasar tradisional. UMKM kekinian harus dibantu sosial media seperti Tik Tok shop untuk menjemput pembelinya," kata Bambang yang akrab dipanggil Mr BB oleh para koleganya.

Mr BB menambahkan E-commerce dan platform digital seperti Tiktok Shop telah mempengaruhi model bisnis UMKM di Indonesia secara signifikan.

"Syarat mendasar kalau pelaku UMKM akan terjun di dunia marketing digital ya buat akun TikTok. Sesuai nama identitas KTP ya," ujar Mr BB dengan tlaten mengajarari para pelaku UMKM yang kebanyakan gaptek.

"Gak papa gagap teknologi atau gaptek. Itu dulu, Sekarang sadar kalau teknologi IT atau digital adalah kunci untuk meningkatkan omset UMKM di  era digital ini," papar Mr BB memotivasi puluhan UMKM se Soloraya yang antusias mengikuti ceramah Mr BB bagaimana meningkatkan omset bisnis menggunakan platform TikTok.

Menurut Mr BB, bila telah memiliki akun TikTok Shop,  pelaku UMKM dapat mulai menjalankan bisnis e-commerce secara langsung di TikTok menggunakan TikTok Seller Center dan Affiliate Center. "Pengguna bahkan dapat menemukan produk dari akun anda maupun kreator, baik dari livestream, konten video, maupun showcase."ujarnya.

TikTok Shop juga memberikan konsumen akses ke berbagai produk UMKM lokal dan internasional.

"Ini menciptakan kesempatan bagi konsumen untuk menjelajahi produk yang unik dan tidak biasa yang mungkin tidak mereka temui di platform belanja online lainnya."pungkas Bambang.

https://www.youtube.com/watch?v=tSp4mYSpvuw