1.162 Mahasiswa Unisri KKN Di 83 Desa Di Wonogiri

  • Jul 24, 2024
  • Bambang eka purnama
  • Pendidikan

WONOGIRI - Sebanyak 1.162 mahasiswa Universitas Slamet Riyadi / Unisri Surakarta melaksanakan KKN di Kabupaten Wonogiri.

Pelepasan mahasiswa KKN dilakukan Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unisri, Yannie Asrie Widanti, mewakili rektor dan diterima Camat Slogohimo mewakili Bupati Wonogiri.

Mereka akan melaksanakan KKN di 83 Desa di enam kecamatan, dari 22 Juli hingga 29 Agustus 2024 atau selama 40 hari. Yakni, Kecamatan Slogohimo, Jatipurno, Jatiroto, Jatisrono, Jatipurno, dan Sidoharjo.

"Dalam KKN ini, Unisri ikut serta dalam penguatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat didukung penguatan daya saing skonomi daerah," kata Ketua LPPM Unisri, Yannie Asrie Widanti dalam sambutannya.

Yannie Asrie mengatakan, pada saat terjun di masyarakat, mahasiswa KKN wajib mengimplementasikan nilai-nilai perjuangan ke-Slamet Riyadi-an.

Yaitu : berani dan tegas, mementingkan kepentingan yang lebih besar, semangat pantang menyerah, rela berkorban dan tanpa pamrih.

Terpisah, dalam penyerahan KKN di Kecamatan Jatiroto Wonogiri, wakil rektor bidang akademi Saiful Bahri mengatakan, kegiatan KKN ini merupakan wujud nyata dari komitmen Universitas Slamet Riyadi untuk menghubungkan dunia akademis dengan masyarakat.

"Kami berharap mahasiswa dapat memberikan manfaat yang signifikan dan belajar banyak dari pengalaman ini," kata Saiful.

Sekretaris Camat Jatiroto, Dhana menyambut baik kehadiran mahasiswa Universitas Slamet Riyadi di wilayahnya. "Kami berharap, kerja sama itu dapat membawa dampak positif dan membantu meningkatkan kualitas hidup masyarakat di desa-desa yang menjadi lokasi KKN," kata Dhana.

Dan dengan kegiatan itu, diharapkan sinergi antara akademisi dan masyarakat dapat terjalin lebih erat, serta program KKN dapat memberi kontribusi nyata dalam proses pembangunan dan pemberdayaan masyarakat setempat.(*)